Minggu, 04 November 2012

ARKOM dan DATABASE



DATABASE
1. Pemanfaatan Database
    Database mempercepat dan mempermudah kita dalam mememperoleh dan menemukan kembali data. Contohnya kita bisa mengambil data kantor dari rumah.
 
2. Komponen Utama Basisdata
- Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras yang terdapat dalam sebuah system  basis data adalah Komputer (stand alone atau lebih dari satu/ networking), Memory sekunder (online dan offline) dan media komunikasi.
- Sistem Operasi (Operating System)
Program pengelola basis data hanya dapat aktif jika SO telah aktif.
- Basis Data
Basis data dapat berisi : File/table, indeks dll. Disamping berisi dan menyimpan data, basis data juga mengandung/ menyimpan definisi struktur.
- Database Management System (Sistem Pengelola Basis Data)
DBMS merupakan sebuah perangkat lunak khusus yang akan menentukan bagaimana data diorganisasikan, disimpan, diubah dan diambil

- Pengguna Basis Data
Orang-orang yang melakukan kegiatan perancangan, pembuatan, maupun pengoperasian basis data  
- Aplikasi Basis Data
Sifatnya optional / pilihan 

3. Pemakai Pada Basisdata
Pengguna atau user ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu
1.    Database Manager
2.    Database administrator ( DBA )
3.    Database User
Nah database user ini juga dibagi menjadi 
beberapa macam yaitu
    * Programer Aplikasi
    * User Mahir
    * User Umum
    * User Khusus
Ini adalah pengertian – pengertian
dari Pengguna ( User ) dia atas :

a.    Database Manager

Modul program menyediakan antar muka ( Interves ) antara penyimpanan data tingkat rendah dalam databasedengan program aplikasi dan query yang diajukan system database.
b.    Database Administrator
Orang yang mempunyai kekuasaan sebagai pusat pengontrol terhadap seluruh system baik data maupun program yang  mengakses data.
c.    Database User
Pemakai database berdasarkan cara berinteraksi terhadap system.
database user ini juga dibagi menjadi  beberapa macam yaitu

•    Program Aplikasi

Seorang prefesional computer  yang berinteraksi terhadap system Database dengan penulis program dan menggunakan Data Manipulation Language ( DML ) yang dibuat bahasa pemrograman seperti , bahasa c, pascal cobol, dll. Program – program yang dibuatnya disebut dengan program aplikasi.

•    User Mahir

Pemakai yang berinterkasi  terhadap system database menggunkan fasilitas query yang telah disediakan  oleh DBMS dan telah mahir mengggunakannya.

•    User Umum

Pemakai yang tidak berpengalaman, berinteraksi dengan system database tanpa menulis program dan query, tapi hanya menjalankan program- program aplikasi yang dibuat oleh Programer Aplikasi.

•    User Khusus

Pemakai yang menulis aplikasi data secara traditional, tetapi untuk keprluan khusus, sperti untuk aplikasi Artificial Intelegen, system pakar, pengolahan dll.

4. Perbedaan 3 Level Abstraksi Data

a. Level Phisik

Level abstraksi paling rendah yang menggambarkan (How) bagaimana data disimpan.

b. Level Konseptual
Level ini menerangkan / menggambarkan data apa (what) yang disimpan dalam database, dan hubungan relasi yang terjadi antar data. Level ini digunakan oleh database administrator, yang memutuskan data apa yang akan dipelihara dalam satu database.

c. Level Pandangan Pemakai
Level ini menggambarkan hanya satu bagian dalam database.


================================================================================
ARSITEKTUR KOMPUTER

A.  GERBANG LOGIKA
1. Gerbang AND
Gerbang AND digunakan untuk menghasilkan logika 1 jika semua masukan mempunyai logika 1, jika tidak maka akan dihasilkan logika 0.Gerbang AND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Dalam gerbang AND, untuk menghasilkan sinyal keluaran tinggi maka semua sinyal masukan harus bernilai tinggi. Gerbang Logika AND pada Datasheet nama lainnya IC TTL 7408.


 


Gambar Gerbang Logika AND

Masukan AB
Keluaran Y
00
01
10
11
0
0
0
1
Tabel Kebenaran AND
Pernyataan Boolean untuk Gerbang AND
A . B = Y (A and B sama dengan Y )


2. Gerbang NAND (Not AND)
Gerbang NAND akan mempunyai keluaran 0 bila semua masukan pada logika 1. sebaliknya jika ada sebuah logika 0 pada sembarang masukan pada gerbang NAND, maka keluaran akan bernilai 1.Gerbang NAND adalah suatu NOT-AND, atau suatu fungsi AND yang dibalikkan. Dengan kata lain bahwa gerbang NAND akan menghasilkan sinyal keluaran rendah jika semua sinyal masukan bernilai tinggi. Gerbang Logika NAND pada Datasheet nama lainnya IC TTL 7400.
 

Gambar Gerbang Logika NAND
Masukan AB
Keluaran Y
00
01
10
11
1
1
1
0
Tabel Kebenaran NAND

3. Gerbang OR
Gerbang OR akan memberikan keluaran 1 jika salah satu dari masukannya pada keadaan 1. jika diinginkan keluaran bernilai 0, maka semua masukan harus dalam keadaan 0.Gerbang OR akan memberikan sinyal keluaran tinggi jika salah satu atau semua sinyal masukan bernilai tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa gerbang OR hanya memiliki sinyal keluaran rendah jika semua sinyal masukan bernilai rendah. Gerbang Logika OR pada Datasheet nama lainnya IC TTL 7432.
 
Gambar Gerbang Logika OR

Masukan AB
Keluaran Y
00
01
10
11
0
1
1
1
Tabel Kebenaran OR

4. Gerbang NOR
Gerbang NOR adalah suatu NOT-OR, atau suatu fungsi OR yang dibalikkan sehingga dapat dikatakan bahwa gerbang NOR akan menghasilkan sinyal keluaran tinggi jika semua sinyal masukannya bernilai rendah. Gerbang NOR akan memberikan keluaran 0 jika salah satu dari masukannya pada keadaan 1. jika diinginkan keluaran bernilai 1, maka semua masukannya harus dalam keadaan 0.Gerbang Logika NOR pada Datasheet nama lainnya IC TTL 7402.


 


    Gambar Gerbang Logika NOR

Masukan AB
Keluaran Y
00
01
10
11
1
0
0
0
Tabel Kebenaran NOR

5. Gerbang XOR
Gerbang X-OR akan menghasilkan sinyal keluaran rendah jika semua sinyal masukan bernilai rendah atau semua masukan bernilai tinggi atau dengan kata lain bahwa X-OR akan menghasilkan sinyal keluaran rendah jika sinyal masukan bernilai sama semua. Gerbang XOR (dari kata exclusive OR) akan memberikan keluaran 1 jika masukan-masukannya mempunyai keadaan yang berbeda. Gerbang Logika XOR pada Datasheet nama lainnya IC TTL 7486.


 
Gambar Gerbang Logika XOR


Masukan AB
Keluaran Y
00
01
10
11
0
1
1
0
   Tabel Kebenaran XOR

6. Gerbang NOT
Gerbang NOT merupakan gerbang satu masukan yang berfungsi sebagai pembalik (inverter). Sebuah inverter (pembalik) adalah gerbang dengan satu sinyal masukan dan satu sinyal keluaran dimana keadaan keluarannya selalu berlawanan dengan keadaan masukan. Gerbang Logika INV pada Datasheet nama lainnya IC TTL 7404.
  Gambar Gerbang Logika XOR
Masukan A
Keluaran Y
0
1
1
0
                                                                          Tabel kebenaran NOT
 

B.          Perbedaan Alat Input Langsung dan Alat Input Tidak Langsung
1. Alat Input Langsung
    Di proses secara langsung oleh CPU tanpa terlebih dahulu dimasukan ke media simpanan luar, sehingga interaksi terjadi langsung antara pemakai dengan sistem komputer. ex : Keyboard, mouse.
2. Alat Input Tidak Langsung
      Data yang di masukan tidak langsung diproses oleh CPU tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media yang berbentuk simpanan luar. ex : key to disk.

C. Perbedaan Sistem Analog dan Sistem Digital
    Perbedaannya terletak pada penggunaanya, yaitu komputer analog tidak digunakan untuk mengelola data berupa angka dan huruf sedangkan komputer digital digunakan untuk mengolah data berupa angka dan huruf.
 
D. Tiga Ingatan Dalam Sistem Komputer dan Fungsinya
  • Register, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.
  • Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil dari pengolahan.
  • External memory (simpanan luar),  dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen.
E. Latar Belakang Pembagian Generasi Komputer


F. Mengapa perusahaan-perusahaan komputer pada generasi keempat lebih banyak membuat komputer mikro dan pribadi ?
      Karena perkembangan komputer pada generasi ini memiliki tujuan yang jelas yaitu mengecilkan ukuran IC, sehingga dapat di letakan pada chip yang kecil. Sehingga yang sebelumnya IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik berubah menjadi sebuah mikroprosesor yang diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.

G. Apa yang Anda ketahui dari istilah istilah berikut ini :
a)      Flip-Flop
      Flip-flop adalah rangkaian digital yang digunakan untuk menyimpan satu bit secara semi permanen sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau mengganti isi dari bit yang disimpan.

b)      Sequential Circuit
     Rangkaian sekuensial merupakan rangkaian logika yang keadaan outputnya tergantung  pada keadaan input-inputnya juga tergantung pada keadaan output sebelumnya. Rangkaian ini juga didefenisikan sebagai rangkaian logika yang outputnya tergantung waktu.

c)       LSI dan VLSI
      LSI adalah singkatan dari Large Scale Integration sedangkan VLSI adalah singkatan dari Very LSI. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar