DATABASE
1. Pemanfaatan Database
Database mempercepat dan mempermudah kita dalam mememperoleh dan menemukan kembali data. Contohnya kita bisa mengambil data kantor dari rumah.
2. Komponen Utama Basisdata
- Perangkat Keras
(Hardware)
Perangkat keras yang terdapat
dalam sebuah system basis data adalah
Komputer (stand alone atau lebih dari satu/ networking), Memory sekunder
(online dan offline) dan media komunikasi.
- Sistem Operasi (Operating
System)
Program pengelola basis data
hanya dapat aktif jika SO telah
aktif.
- Basis Data
Basis data dapat berisi :
File/table, indeks dll. Disamping berisi dan menyimpan data, basis data juga
mengandung/ menyimpan definisi struktur.
- Database Management
System (Sistem Pengelola Basis Data)
DBMS merupakan sebuah perangkat
lunak khusus yang akan menentukan bagaimana data diorganisasikan, disimpan,
diubah dan diambil
- Pengguna Basis Data
Orang-orang yang melakukan
kegiatan perancangan, pembuatan, maupun pengoperasian basis data
- Aplikasi Basis Data
Sifatnya optional / pilihan
3. Pemakai Pada Basisdata
Pengguna atau user ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu
1. Database Manager
2. Database administrator ( DBA )
3. Database User
Nah database user ini juga dibagi menjadi
beberapa macam yaitu
* Programer Aplikasi
* User Mahir
* User Umum
* User Khusus
Ini adalah pengertian – pengertian
dari Pengguna ( User ) dia atas :
a. Database Manager
Modul program menyediakan antar muka ( Interves ) antara penyimpanan data tingkat rendah dalam databasedengan program aplikasi dan query yang diajukan system database.
b. Database Administrator
Orang yang mempunyai kekuasaan sebagai pusat pengontrol terhadap seluruh system baik data maupun program yang mengakses data.
c. Database User
Pemakai database berdasarkan cara berinteraksi terhadap system.
database user ini juga dibagi menjadi beberapa macam yaitu
• Program Aplikasi
Seorang prefesional computer yang berinteraksi terhadap system Database dengan penulis program dan menggunakan Data Manipulation Language ( DML ) yang dibuat bahasa pemrograman seperti , bahasa c, pascal cobol, dll. Program – program yang dibuatnya disebut dengan program aplikasi.
• User Mahir
Pemakai yang berinterkasi terhadap system database menggunkan fasilitas query yang telah disediakan oleh DBMS dan telah mahir mengggunakannya.
• User Umum
Pemakai yang tidak berpengalaman, berinteraksi dengan system database tanpa menulis program dan query, tapi hanya menjalankan program- program aplikasi yang dibuat oleh Programer Aplikasi.
• User Khusus
Pemakai yang menulis aplikasi data secara traditional, tetapi untuk keprluan khusus, sperti untuk aplikasi Artificial Intelegen, system pakar, pengolahan dll.
1. Database Manager
2. Database administrator ( DBA )
3. Database User
Nah database user ini juga dibagi menjadi
beberapa macam yaitu
* Programer Aplikasi
* User Mahir
* User Umum
* User Khusus
Ini adalah pengertian – pengertian
dari Pengguna ( User ) dia atas :
a. Database Manager
Modul program menyediakan antar muka ( Interves ) antara penyimpanan data tingkat rendah dalam databasedengan program aplikasi dan query yang diajukan system database.
b. Database Administrator
Orang yang mempunyai kekuasaan sebagai pusat pengontrol terhadap seluruh system baik data maupun program yang mengakses data.
c. Database User
Pemakai database berdasarkan cara berinteraksi terhadap system.
database user ini juga dibagi menjadi beberapa macam yaitu
• Program Aplikasi
Seorang prefesional computer yang berinteraksi terhadap system Database dengan penulis program dan menggunakan Data Manipulation Language ( DML ) yang dibuat bahasa pemrograman seperti , bahasa c, pascal cobol, dll. Program – program yang dibuatnya disebut dengan program aplikasi.
• User Mahir
Pemakai yang berinterkasi terhadap system database menggunkan fasilitas query yang telah disediakan oleh DBMS dan telah mahir mengggunakannya.
• User Umum
Pemakai yang tidak berpengalaman, berinteraksi dengan system database tanpa menulis program dan query, tapi hanya menjalankan program- program aplikasi yang dibuat oleh Programer Aplikasi.
• User Khusus
Pemakai yang menulis aplikasi data secara traditional, tetapi untuk keprluan khusus, sperti untuk aplikasi Artificial Intelegen, system pakar, pengolahan dll.
4. Perbedaan 3 Level Abstraksi Data
a. Level Phisik
Level abstraksi paling rendah yang menggambarkan (How) bagaimana data disimpan.
b. Level Konseptual
Level ini menerangkan / menggambarkan data apa (what) yang disimpan dalam database, dan hubungan relasi yang terjadi antar data. Level ini digunakan oleh database administrator, yang memutuskan data apa yang akan dipelihara dalam satu database.
c. Level Pandangan Pemakai
Level ini menggambarkan hanya satu bagian dalam database.
================================================================================
ARSITEKTUR KOMPUTER
A. GERBANG LOGIKA
1. Gerbang AND
Gerbang AND
digunakan untuk menghasilkan logika 1 jika semua masukan mempunyai logika 1,
jika tidak maka akan dihasilkan logika 0.Gerbang AND mempunyai dua atau lebih
dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Dalam gerbang AND,
untuk menghasilkan sinyal keluaran tinggi maka semua sinyal masukan harus
bernilai tinggi. Gerbang Logika AND pada Datasheet nama lainnya IC TTL 7408.
Gambar Gerbang Logika AND
Masukan AB
|
Keluaran Y
|
00
01
10
11
|
0
0
0
1
|
Tabel Kebenaran
AND
Pernyataan
Boolean untuk Gerbang AND
A . B = Y (A and
B sama dengan Y )
2. Gerbang NAND
(Not AND)
Gerbang NAND
akan mempunyai keluaran 0 bila semua masukan pada logika 1. sebaliknya jika ada
sebuah logika 0 pada sembarang masukan pada gerbang NAND, maka keluaran akan
bernilai 1.Gerbang NAND adalah suatu NOT-AND, atau suatu fungsi AND
yang dibalikkan. Dengan kata lain bahwa gerbang NAND akan menghasilkan sinyal
keluaran rendah jika semua sinyal masukan bernilai tinggi. Gerbang Logika NAND
pada Datasheet nama lainnya IC TTL 7400.
Gambar Gerbang
Logika NAND
Masukan AB
|
Keluaran Y
|
00
01
10
11
|
1
1
1
0
|
Tabel Kebenaran NAND
3. Gerbang OR
Gerbang OR akan memberikan keluaran 1
jika salah satu dari masukannya pada keadaan 1. jika diinginkan keluaran
bernilai 0, maka semua masukan harus dalam keadaan 0.Gerbang OR akan
memberikan sinyal keluaran tinggi jika salah satu atau semua sinyal masukan
bernilai tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa gerbang OR hanya memiliki
sinyal keluaran rendah jika semua sinyal masukan bernilai rendah. Gerbang
Logika OR pada Datasheet nama lainnya IC TTL 7432.
Gambar Gerbang Logika OR
Masukan AB
|
Keluaran Y
|
00
01
10
11
|
0
1
1
1
|
Tabel Kebenaran OR
4. Gerbang NOR
Gerbang NOR adalah suatu NOT-OR, atau suatu fungsi OR
yang dibalikkan sehingga dapat dikatakan bahwa gerbang NOR akan menghasilkan
sinyal keluaran tinggi jika semua sinyal masukannya bernilai rendah. Gerbang NOR
akan memberikan keluaran 0 jika salah satu dari masukannya pada keadaan 1. jika
diinginkan keluaran bernilai 1, maka semua masukannya harus dalam keadaan 0.Gerbang Logika
NOR pada Datasheet nama lainnya IC TTL 7402.
Gambar Gerbang Logika NOR
Masukan AB
|
Keluaran Y
|
00
01
10
11
|
1
0
0
0
|
Tabel Kebenaran NOR
5. Gerbang XOR
Gerbang X-OR
akan menghasilkan sinyal keluaran rendah jika semua sinyal masukan bernilai
rendah atau semua masukan bernilai tinggi atau dengan kata lain bahwa X-OR akan
menghasilkan sinyal keluaran rendah jika sinyal masukan bernilai sama semua. Gerbang XOR
(dari kata exclusive OR) akan memberikan keluaran 1 jika masukan-masukannya
mempunyai keadaan yang berbeda. Gerbang Logika XOR pada Datasheet nama
lainnya IC TTL 7486.
Gambar Gerbang Logika XOR
Masukan AB
|
Keluaran Y
|
00
01
10
11
|
0
1
1
0
|
Tabel Kebenaran
XOR
6. Gerbang NOT
Gerbang NOT merupakan gerbang satu
masukan yang berfungsi sebagai pembalik (inverter). Sebuah inverter
(pembalik) adalah gerbang dengan satu sinyal masukan dan satu sinyal keluaran
dimana keadaan keluarannya selalu berlawanan dengan keadaan masukan. Gerbang
Logika INV pada Datasheet nama lainnya IC TTL 7404.
Masukan A
|
Keluaran Y
|
0
1
|
1
0
|
Tabel kebenaran NOT
B.
Perbedaan Alat Input Langsung dan Alat Input Tidak Langsung
1. Alat Input Langsung
Di proses secara langsung oleh CPU tanpa terlebih dahulu dimasukan ke media simpanan luar, sehingga interaksi terjadi langsung antara pemakai dengan sistem komputer. ex : Keyboard, mouse.
2. Alat Input Tidak Langsung
Data yang di masukan tidak langsung diproses oleh CPU tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media yang berbentuk simpanan luar. ex : key to disk.
C. Perbedaan Sistem Analog dan Sistem Digital
Perbedaannya terletak pada penggunaanya, yaitu komputer analog tidak digunakan untuk mengelola data berupa angka dan huruf sedangkan komputer digital digunakan untuk mengolah data berupa angka dan huruf.
D. Tiga Ingatan Dalam Sistem Komputer dan Fungsinya
- Register, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.
- Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil dari pengolahan.
- External memory (simpanan luar), dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen.
E. Latar Belakang Pembagian Generasi Komputer
F. Mengapa perusahaan-perusahaan komputer pada generasi keempat lebih banyak
membuat komputer mikro dan pribadi ?
Karena perkembangan komputer pada generasi ini memiliki tujuan yang jelas yaitu mengecilkan ukuran IC, sehingga dapat di letakan pada chip yang kecil. Sehingga yang sebelumnya IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang
spesifik berubah menjadi sebuah mikroprosesor yang diproduksi dan kemudian
diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.
G. Apa yang Anda ketahui dari istilah istilah berikut ini :
a)
Flip-Flop
Flip-flop adalah rangkaian digital yang digunakan untuk menyimpan satu
bit secara semi permanen sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau
mengganti isi dari bit yang disimpan.
b)
Sequential Circuit
Rangkaian sekuensial merupakan rangkaian logika yang keadaan outputnya
tergantung pada keadaan input-inputnya juga tergantung pada keadaan
output sebelumnya. Rangkaian ini juga didefenisikan sebagai rangkaian
logika yang outputnya tergantung waktu.
c)
LSI dan VLSI
LSI adalah singkatan dari Large Scale Integration sedangkan VLSI adalah singkatan dari Very LSI. LSI
merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar